- Back to Home »
- Microsoft Excel , TIK »
- Fungsi Lookup
Posted by : Unknown
Minggu, 01 Juni 2014
Hari ini ane mau posting Fungsi Lookup yang merupakan materi pertemuan ke-6 di kelas. Ada yang belum tau Lookup itu apa? Itu loh fungsi yang ada di microsoft excel.
Lookup adalah pembacaan table. Lookup terbagi menjadi 2, diantaranya :
Horizontal lookup (HLOOKUP)
Fungsi ini digunakan untuk membaca tabel sumber yang bentuknya horizontal.
=HLOOKUP(lookup value;table array;col index num;arange look up)
keterangan :
lookup value : kunci pembacaan antara kedua table
col index num : nomor kolom dari table sumber
range lookup : selalu bernilai 0
Vertikal Lookup (VLOOKUP)
Fungsi ini digunakan untuk membaca tabel sumber yang bentuknya tegak lurus.
=VLOOKUP(lookup value;table array;col index num;range look up)
Nih ane kasih contoh sederhananya
misalkan kita punya tabel biasa, tabel vertikal, dan tabel horizontal
ketentuannya adalah, kita harus ngisi jumlah barang dan harga barang yang ada di tabel biasa.
Biar gampang, pertama kita namain dulu tabel vertikal dan horizontalnya. caranya drag/blog tabel vertikalnya, trus ganti nama di kotak pojok kiri atas jadi tabel1 (terserah namain apa, yang penting jangan pake space). lakukan hal yang sama di tabel horizontal dengan nama yang beda.
kedua, isi cell F3 dengan rumus VLOOKUP : =VLOOKUP(C3;tabel1;2;0)
klik enter, lalu arahkan kursor ke pojok kanan bawah cell sampai kursor berbentuk + warna hitam trus klik kiri 2 kali
ketiga, isi cell G3 dengan rumus HLOOKUP : =HLOOKUP(D3;tabel2;2;0)
klik enter, lalu arahkan kursor ke pojok kanan bawah cell sampai kursor berbentuk + warna hitam trus klik kiri 2 kali.
dan tadaaa jadilah tabel yang diinginkan :3
gampang kan? maaf mungkin contohnya agak aneh karena harga tv kemurahan atau lain sebagainya :v yg penting jadi :v semoga bermanfaat kawan :)